Jumat, 27 September 2013

KREASI MAKANAN SEHAT BAGI BUAH HATI

Otentiknya, makanan sehat adalah makanan yang mengandung gizi seimbang yakni serat dan zat-zat yang diperlukan oleh tubuh dalam proses tumbuh kembang. Makanan yang sehat harus memenuhi unzur gizi meliputi karbohidrat, protein, mineral, vitamin dan sedikit lemak tak jenuh. Biasanya kebutuhan nutrisi tubuh ini kita kenal dengan 4 sehat lima sempurna.

Namun, seiring berkembangnya zaman hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi banyak orang tua. Makanan sehat seringkali kalah saing dengan makanan cepat saji di berbagai restaurant, bekal makanan anak kalah jauh menarik dengan snack-snack berbumbu dengan kadar monosodium glutamate (MSG) yang tak tanggung-tanggung, belum lagi ditambah dengan minuman-minuman soda yang berperisa serta pewarna makanan sintetis.

Memang tugas berat orang tua untuk memantau apa saja yang jadi konsumsi buah hatinya. Selain memiliki tugas mulia memantau makanan anak, orang tua mempunyai peran penting dalam memilih makanan yang baik bagi anak. Sebagai orang tua, wawasan harus di up-grade sedemikian rupa agar mampu mensintesis informasi. Tak kalah jauh penting, mengenali preferensi (kelebihsukaan) anak juga dapat dijadikan senjata andalan orang tua untuk berkreasi dan mempersuasi anak untuk membiasakan makan makanan yang sehat. Mengenai makanan sehat untuk anak, berikut beberapa menu yang bisa dicoba untuk camilan atau pun bekal buah hati Anda.

1. Tempe Brownies                                                       4. Vegiie Omelet
brownies tempe         veggie omelet

2. Carrot Cake                                                            5. Toffu Stick
carrot cake_healthy sweetness         toffu stick
3. Sweet Potato Pancake                                              6. Veggie Pizza
sweet potato pancake         veggie pizza

Dengan memanfaatkan apa yang ada disekitar, berinovasi dan sedikit sentuhan kreativitas, Anda akan mampu mengambil alih hati buah hati Anda. Jika anak Anda memasuki masa preschool ataupun masa sekolah awal, jangan segan-segan untuk mengikutsertakan buah hati Anda terlibat dan berkreasi di dapur. Kenalkan buah hati Anda dengan berbagai buah-buahan dan sayur-sayuran. Dengan begitu, lama-kelamaan buah hati Anda akan otomatis menggemari aktivitas ini yang nantinya berujung pada kecintaan mereka dengan dunia sayur-sayuran dan buah-buahan. Pengenalan dan pembelajaran kecil tentang makanan sehat ini biasanya berlangsung dalam jangka waktu yang panjang (over-learning) agar anak Anda mampu mengingat nama-nama makanan dan menyukai lingkup makanan sehat. Untuk itu, Anda sebagai orang tua harus bersabar untuk mengarahkan dan membimbing anak Anda. Selanjutnya, pandai-pandailah meng-garnish makanan. Bisa dicoba seperti gambar di bawah ini untuk meningkatkan nafsu makan anak Anda di pagi hari. Rasa keingintahuan (curiosity) buah hati Anda akan muncul ketika Anda bisa menghidangkan sarapan seperti ini.

480202_10151414945266500_367244069_n

Semoga tulisan kecil ini bermanfaat. Selamat mencoba. Selamat berkreasi dan mencintai buah hati Anda.  :)


_______dari wichan untuk rekrutmen.jmh@gmail.com________

Tidak ada komentar:

Posting Komentar